Imigrasi Belawan Siap Aktifkan Pelayanan di Pelabuhan Penumpang

Belawan, (Analisa). Kantor Imigrasi Klas II Belawan dalam waktu dekat akan segera mengaktifkan kembali pelayanan lalulintas Keimigrasian di pelabuhan penumpang internasional Belawan.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Imigrasi Belawan Sunardi SH kepada wartawan, sekaitan akan beroperasinya kapal feri penyeberangan Roll On-Roll Off (Roro) Asean dengan rute Belawan-Penang.

“Pelayanan tersebut meliputi pemeriksaan paspor penumpang yang datang ataupun yang berangkat.

“Nantinya masing-masing satu petugas imigrasi akan dikerahkan di terminal kedatangan dan keberangkatan Pelabuhan,”tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan pengawasan termasuk arus kedatangan WNA melalui tumpangan kapal tersebut. 

Menurutnya, langkah ini sebagai bagian dukungan operasional kapal feri Roro ASEAN, dengan melengkapi sarana pendukung lalulintas keimigrasian di Pelabuhan Belawan. 

Pada pelayaran Roro nantinya, diharapkan proses pengiriman TKI ke negara Asean juga akan lebih mudah.

Sunardi mengakui bahwa kapal feri penyeberangan Roro sebelumnya pernah beroperasi di Pelabuhan Belawan. Hanya saja sempat terhenti pada tahun 2010. 

Mohon maaf

Mewakili jajaran Imigrasi Belawan, Sunardi juga memohon maaf atas keluhan masyarakat dengan ketidaknyamanan dalam pelayanan permohonan paspor di kantornya.

Disebutkan, sejak tiga hari belakangan ini terjadi gangguan/kerusakan pada mesin cetak pembuatan paspor. Sehingga prosesnya menjadi terlambat. 

Untuk itu pihaknya telah mengerahkan teknisi dari Jakarta untuk memperbaiki, guna kembali normalnya pelayanan.

Pada kesempatan itu Anggota DPRD Sumut A Hie SH berharap, dengan kembali beroperasinya kapal feri Roro, pihak terkait di Belawan agar lebih sigap dalam mengawasi masuknya barang-barang terlarang termasuk narkotika dari negeri jiran tersebut. (maa)

 

Sumber : http://www.analisadaily.com

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)