Kantor Imigrasi Belawan Rencanakan Pelayanan Visa on Arrival

Tribunnews.com - Kamis, 4 April 2013 02:09 WIB

 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN -- Kantor Imigrasi Kelas II Belawan berencana akan membuka pelayanan visa on arrival dalam rangka akan dibukanya kembali jalur perairan internasional di Pelabuhan Belawan sekitar bulan Juni mendatang.

"Ya kita berencana akan ada visa on arrival, sudah ada bank yang juga akan bekerja sama untuk mengurus pembayaran," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Belawan, Sunardi saat ditemui di Kantor Imigrasi Belawan, Rabu (3/4/2013).

Selain itu pihak Kantor Imigrasi Belawan juga akan mengupayakan program one day service dimana proses pengurusan perpajangan visa dapat diselesaikan dalam jangka waktu satu hari untuk mempermudah wisatawan asing yang ingin memperpanjang visa di Belawan.

Seperti diberitakan, Pelabuhan Belawan akan membuka kembali jalur perairan internasional di Pelabuhan Belawan sekitar bulan Juni mendatang.

"Akan dibuka kembali jalur Belawan-Penang, tanggal 27 harusnya sudah ada tapi mungkin nanti bulan Juni sudah mulai," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Belawan, Sunardi kepada wartawan di Kantor Imigrasi Belawan, Sumatera Utara, Rabu (3/4/2013).

Ke depan, rencananya akan dibuka jalur pelayaran laut rute Phuket-Penang-Belawan untuk melayani rute wisata asean countries.

Diharapkan, dengan kembali dibukanya jalur pelayaran ini, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Belawan dapat mengalami peningkatan.

Sebelumnya jalur perairan internasional memang pernah ada di Belawan, namun sejak 2010 ditutup seiring dengan berhenti beroperasinya perusahaan pelayaran yang melayani rute tersebut karena kalah bersaing dengan perjalanan udara.

"Dulu ada pelayaran internasional, tetapi tahun 2010 ditutup karena kalah saing dengan pesawat. Saat ini, dengan berbagai perhitungan jalur ini akan kembali dibuka," imbuhnya.

Nantinya dengan dibukanya kembali jalur pelayaran Internasional ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Belawan serta meningkatkan perekonomian di sekitar kawasan Belawan.

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)