Ekspatriat di Shanghai diizinkan membawa asisten rumah tangga

By Zhou Wenting | China Daily 

Seorang wanita asal Filipina menjadi orang pertama menerima izin tinggal menetap yang khusus disediakan bagi pekerja asing yang melaksanakan kegiatan sebagai asisten rumah tangga (art) di kawasan Pudong, Shanghai. Kawasan tersebut merupakan tempat dari lebih 300 perusahaan yang ada dalam daftar Fortune 500, sekaligus wilayah perdagangan bebas percontohan di Tiongkok.

Liu Chen, seorang Amerika keturunan Tiongkok dan presiden dari Shanghai Affinity Biopharmaceutical Co Ltd yang berbasis di Zona Demonstrasi Inovasi Nasional Zhangjiang Shanghai di Pudong, mengajukan izin tinggal menetap untuk satu tahun bagi art-nya pada 14 Maret dan diberikan izin tinggalnya pada 31 Maret 2017.

“Dia telah bekerja selama bertahun-tahun di Hongkong, tempat wanita tersebut bekerja untuk keluarga Liu. Oleh karena itu Liu Chen sangat senang bahwa keluarganya dapat membawa serta wanita tersebut ke Shanghai dengan difasilitasi oleh  kebijakan baru tersebut,” ungkap  Chen Lijun, Wakil Direktur Kantor Administrasi urusan Keluar dan Masuk Perbatasan (keimigrasian), Kepolisian Distrik Pudong.

Statistik dari Biro Administrasi Keluar dan Masuk Perbatasan Shanghai memperlihatkan bahwa terdapat lebih dari 20 orang art yang dibawa oleh ekspatriat asing dan mendapatkan izin tinggal serupa di wilayah Shanghai, tetapi ini  kali pertama pihak kepolisian mengumumkannya kepada publik. Wanita Filipina tersebut menjadi art asing pertama di wilayah Distrik  Pudong.

Izin tinggal  menetap bagi art asing merupakan langkah yang sudah dimulai sejak Juli 2015 untuk menarik orang-orang asing yang memiliki talenta ke wilayah tersebut untuk mewujudkan Kota Shanghai sebagai hub inovasi teknologi global pada 2030.

Dalam aturan di tahun 2015, para profesional kalangan atas dengan izin tinggal menetap dapat mengajukan izin tinggal menetap bagi art asingnya disertai persyaratan kontrak kerja, pernyataan dukungan finansial, asuransi pribadi, dan sertifikat kesehatan.

Bulan Desember, pihak kepolisian mempermudah persyaratan. Tenaga ahli kalangan atas dari Hongkong, Makau. Dan Taiwan berhak mendaftarkan art mereka, dan permohonan pengajuan tersebut terbuka bagi semua tenaga ahli dengan kualifikasi  pendidikan setingkat S2 atau di atasnya, atau yang dipekerjakan oleh perusahaan di Zhangjiang atau dalam Zona Perdagangan Bebas Shanghai, institusi riset ilmiah atau pendidikan tinggi, atau para profesional yang terdaftar dalam bidang ketenagakerjaan yang terdaftar oleh Biro Keamanan Sosial dan Sumber Daya Manusia Kota Shanghai sebagai upaya meningkatkan kemajuan kota tersebut dalam bidang inovasi teknologi dan sains.

Setiap tenaga ahli asing yang memenuhi persyaratan dapat mempekerjakan seorang art. Asisten Rumah Tangga tersebut dapat memasuki wilayah Tiongkok dengan visa wisata untuk kemudian mendaftar untuk mendapatkan izin tinggal menetap di kantor administrasi keluar dan masuk perbatasan setempat atau dengan mengajukan permohonan izin tinggal di pelabuhan masuk Shanghai, ujar Chen.

 

Sumber: http://www.chinadaily.com.cn/china/2017-04/10/content_28852717.htm

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)