8 Miliar rupiah untuk mendapatkan status penduduk ‘elit’ di Thailand – plus pelayanan VIP oleh pemerintah

BEN MOSHINSKY   

www.businessinsider.co.id

LONDON – Pemerintah Thailand telah menawarkan status penduduk “elit” bagi orang-orang asing kalangan ‘berduit’ untuk tinggal di Thailand dengan biaya US$3,000 (40 juta rupiah) per tahun. Kebijakan ini dikeluarkan untuk mengumpulkan kapital di tengah ketidakpastian masalah perbatasan dan keimigrasian secara global.

Terdapat tujuh jenis paket yang ditawarkan, dengan skema termahal adalah “Elite Ultimate Privilege”.

Paket tersebut bernilai US$60,000 (8 miliar rupiah) untuk menetap selama 20 tahun, dan US$600 (8 juta rupiah) uang keanggotaan tahunan.

Termasuk dalam harga itu adalah program layanan istimewa yang disponsori oleh negara, antara lain para peserta program akan mendapatkan layanan khusus di bidang keimigrasian, izin mengemudi, dan izin bekerja di kantor-kantor pemerintahan.

Pemerintah juga menyediakan fasilitas di bandara, pemeriksaan kesehatan tahunan di rumah sakit khusus, dan 24 layanan spa serta fasilitas golf dalam setahun.

Visa tinggal menetap khusus ini dikeluarkan oleh Perusahaan Terbatas Kartu Privilege Thailand, sebuah perusahaan yang sepenuhnya disubsidi oleh Otoritas Pariwisata Thailand.

Pruet Boobphakam, presiden program Thailand Elite, mengungkapkan pada Business Insider bahwa para warga ‘VIP’ akan mendapatkan berbagai kemudahan dari pemerintah, “Kami akan menyiapkan apa yang mereka inginkan. Kami dapat membantu mengajukan permohonan izin untuk bekerja jika mereka mau. Kami dapat membantu mengajukan permohonan izin mengemudi jika mereka ingin. Kami akan membantu mereka dalam mendapatkan berbagai izin tersebut.”

Dia berharap untuk mendapatkan lebih dari 1000 orang untuk mengikuti program tersebut, yang menargetkan para pensiunan (lansia).

Paket lainnya antara lain senilai US$15,000 (200 juta rupiah) untuk 5 tahun tanpa biaya tahunan yang disebut “Elite Easy Access,” dan program 10 tahun dengan US$30,000 (400 juta rupiah) termasuk potongan harga bagi anggota keluarga.

“Terjadi peningkatan tajam di seluruh dunia jumlah orang-orang yang menginginkan keuntungan dari menjadi penduduk atau warga negara di luar negara mereka untuk memberikan kesempatan bagi keluarganya menjadi penduduk dunia, dan keinginan untuk mengembangkan bisnis di tengah berbagai kemungkinan perubahan yang berlangsung cepat saat ini,” ujar Dominic Volek, pimpinan Southeast Asia for Henley & Partners, firma konsultan kewarganegaraan.

“Semakin banyak pemerintahan memandang program semacam ini sebagai cara berinovasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.” Ungkap Volek.


Sumber: http://www.businessinsider.co.id/you-can-buy-elite-residency-in-thailand-for-60000-2017-4/#C34O9bRe0PMwb037.99

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)