Atasi Permasalahan Antrian Paspor, Kantor Imigrasi Jakarta Pusat Berlakukan “Layanan Antrian Via Whatsapp”

Jakarta (14/7) - Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat turut mengembangkan inovasi baru untuk mengatasi masalah terkait antrian dalam proses pelayanan Paspor RI. Terhitung mulai hari ini, 14 Juli 2017, setiap pemohon Paspor RI dapat melakukan pemesanan antrian melalui aplikasi WhatsApp atau dikenal dengan sebutan LAW (Layanan Antrian via WhatsApp), sehingga cukup mudah untuk diakses oleh semua pengguna smartphone.  Pemohon paspor cukup mengirim pesan dengan format #Nama#Tanggal Lahir#Tanggal Kedatangan melalui WhatsApp di nomor 0812 9900 4406.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat Tato Juliadin Hidayawan, mengatakan aplikasi ini menjadi solusi untuk mengurai antrian panjang oleh pemohon Paspor RI yang jamak terjadi di beberapa Kantor Imigrasi di wilayah Jakarta. Aplikasi ini sebelumnya telah diterapkan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam.

“ Pada era digital sekarang ini, masyarakat disibukkan dengan adanya ‘gadget’ di genggamannya. Oleh karena itu perbaikan dalam proses permohonan Paspor ini haruslah dimulai dengan mengubah sistem antrian menjadi serba digital. Hal ini juga untuk mengurangi potensi praktik-praktik penyalahgunaan sistem oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. “

Sebagai informasi kepada masyarakat bahwa secara statistik, hampir setiap tahunnya, Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat ini mengalami lonjakan kuantitas permohonan Paspor yang cukup signifikan. Tercatat setiap harinya, lebih-kurang250-400 pemohon yang datang antri untuk mengajukan permohonan Paspor dengan berbagai tujuan, tidak hanya dari wilayah DKI tetapi juga berasal dari domisili daerah di luar Ibukota.

Dengan demikian, diharapkan melalui perubahan manajemen penjadwalan layanan dalam proses permohonan Paspor RI via WhatsApp ini, maka tidak akan ada lagi sistem antrian manual atau konvensional. (humas)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)