Ditjen Imigrasi Kenalkan SIMKIM kepada Para Pejabat Dinas Luar Negeri Kemlu

 

Pembekalan PEJABAT DINAS di LN

 

Pembekalan Pejabat Dinas di LN

Jakarta (6/9) – Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie membuka kegiatan Pembekalan Keimigrasian bagi Pejabat Dinas Luar Negeri dan Pejabat Perbantuan (Atase/Staf Teknis) yang akan ditempatkan di luar negeri pada Rabu (6/9) di Aula Ditjen Imigrasi Jakarta. Dalam sambutannya Dirjen Imigrasi berpesan kepada para peserta untuk mendalami Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) yang mendukung kegiatan Pelayanan Keimigrasian di Perwakilan Republik Indonesia.

Meskipun kini belum semua Perwakilan RI telah memiliki SIMKIM, namun Dirjen Imigrasi berharap kepada para peserta pembekalan agar terus meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait termasuk Imigrasi dalam rangka pelaksanaan fungsi keimigrasian di luar negeri.

“Imigrasi tidak bisa bekerja sendiri, perlu kerjasama  dan harus saling mendukung.

Saat ini belum semua Perwakilan RI telah memiliki pejabat teknis Imigrasi, sehingga Pejabat Dinas Luar Negeri yang bertugas di Perwakilan harus mendalami fungsi keimigrasian. Tercatat saat ini Imigrasi telah menugaskan Pejabat Imigrasi di 22 Perwakilan RI.

Sekretaris Direktorat Jenderal Protokoler dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Kenssy D. Ekaningsih mengatakan bahwa Para pejabat Kemenlu yang akan ditempatkan di Perwakilan RI perlu dibekali dengan pengetahuan tentang SIMKIM sebelum bertugas di Luar Negeri.

“Ke depan ini akan diterapkan SIMKIM di beberapa Perwakilan sehingga para pejabat ini perlu di equipped (dilengkapi-red) dengan bekal pengetahuan tentang SIMKIM. Apakah akan diterapkan di semua Perwakilan atau Regional saja itu perlu dibekali juga,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut para peserta mendapatkan juga pengetahuan tentang Keimigrasian dari Direktur Sistem Teknologi Informasi Keimigrasian, Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Direktur Izin Tinggal Keimigrasian, Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, dan Direktorat Intelijen Keimigrasian.

Seusai pembekalan, para peserta diajak untuk mengunjungi Pusat Data Keimigrasian dan meninjau Pelayanan Visa di Ditjen Imigrasi. Di samping itu peserta juga berkesempatan melihat Pelayanan Paspor RI di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan.

 

 

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)