Tingkatkan Wawasan Keimigrasian, Taruna Politeknik Imigrasi Kunjungi Imigrasi Singapura

Poltekim Kunjungi KBRI Singapura

Poltekim Kunjungi KBRI Singapura

Singapura (6/10) - Taruna Politeknik Imigrasi (Poltekim) melaksanakan kunjungan belajar dalam rangka Pertukaran Wawasan Keimigrasian ke Immigration & Checkpoint Authority (ICA) Singapura selama 4 (empat) hari dari 3-6 Oktober 2017. 

Program ini merupakan pertama kalinya bagi Taruna Politeknik Imigrasi dalam melaksanakan pertukaran wawasan ke luar negeri. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memperluas wawasan dan pengetahuan di bidang Keimigrasian seperti sistem informasi teknologi dan cara kerja ICA Singapore, baik di land border, seaport maupun airport.

Pembina Poltekim, M Alvi Sahrin mengatakan bahwa kunjungan ini diikuti 11 Taruna dan 2 orang pembina Poltekim.
“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Direktur Jenderal Imigrasi (Ronny F. Sompie) dan Commissioner Immigration Checkpoint Authority (ICA) Singapore, terkait pertukaran wawasan keimigrasian bagi kedua lembaga” jelasnya.

Dari kunjungan ini, Alvi berharap bahwa Wawasan tentang Border Security, Border Management, Border Management Risk, dan Security Awareness yang diperoleh para Taruna selama kunjungan akan dapat meningkatkan kinerja, ketika berada di lapangan nantinya.

“Taruna diharapkan dapat mengambil setiap manfaat dari sistem informasi dan teknologi dalam pemeriksaan keimigrasian yang ada di ICA, sebagai salah satu imigrasi tercanggih di dunia sehingga dapat memotivasi Taruna untuk menjadi kader imigrasi yang profesional di masa mendatang.”

Selain mengunjungi Imigrasi Singapura, Taruna Poltekim juga berkesempatan mengunjungi Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Hal ini tidak terlepas dari kontribusi dan atensi dari Atase Imigrasi KBRI Singapore, Saffar Muhammad Godam, yang memfasilitasi dan memberikan wawasan kepada para Taruna. Para Taruna juga diberikan pemahaman bagiamana proses pelayanan keimigrasian yang ada di KBRI Singapore. Di sela-sela kesibukannya, Atase Imigrasi Singapore menyampaikan pentingnya wawasan internasional bagi para Taruna.
“Saya harap kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan. Para Taruna harus mengetahui betapa canggihnya sistem teknologi informasi ICA Singapore, serta bagimana peran Ditjen Imigrasi di negara perwakilan. Taruna harus berpikir global dan internasional”, tegas Saffar Muhammad Godam.

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)