Langgar Izin Tinggal, Seorang WN China Diamankan Imigrasi Malang

Jumat 17 November 2017, 18:20 WIB

Muhammad Aminudin - detikNews

Langgar Izin Tinggal, Seorang WN China Diamankan Imigrasi Malang
Imigrasi Malang mengamankan seorang WN China ilegal (Foto: Muhammad Aminuddin)
 
Malang - Seorang warga negara (WN) China diamankan Imigrasi Klas I Malang. WN China bernama Su Zhigang (41) itu diamankan karena melanggar izin tinggal selama di Indonesia.

Su Zhigang tertangkap tangan petugas saat memberikan pelatihan pembuatan filter di PT Mulia Usaha Bersama, Singosari, Kabupaten Malang. 

"Tertangkap tangan, dari dokumen yang ditemukan ada pelanggaran," kata Kepala Imigrasi Klas I Malang, Novianto Sulastono kepada wartawan di kantornya Jalan Panji Suroso, Jumat (17/11/2017).

Novianto menjelaskan, pihaknya menemukan dua alat bukti pelanggaran yang dilakukan oleh Su Zhigang.

"Alat bukti berupa paspor dan izin tinggal. Tersangka memiliki izin tinggal keimigrasian BVK (Bebas Visa Kunjungan) yang disalahgunakan untuk bekerja," beber Novianto.

WN China ini melanggar izin tinggal selama di Indonesia
WN China ini melanggar izin tinggal selama di Indonesia (Foto: Muhammad Aminuddin)
Selama pemeriksaan, terungkap bahwa Shu Zigang masuk ke Indonesia sejak 20 Oktober 2017 melalui Bandara Juanda. Saat tertangkap tangan, tersangka tengah memberikan pelatihan berupa penggunaan mesin pembuatan filter rokok, yang memang diproduksi pabrik tersebut. 

"Selama di Malang yang bersangkutan tinggal secara berpindah-pindah hotel," jelas Novianto.

Diungkapkan, pelaku seharusnya menggunakan KITAS, sebagai ijin untuk bekerja yang biasanya diberikan kepada pekerja untuk 30 hari masa kerja. 

Sementara BVK yang dimiliki, seharusnya tidak digunakan di lokasi pabrik dan melakukan aktivitas bekerja atau memberikan pelatihan. 

"Kami lakukan penyidikan untuk proses projustisia dan dilakukan penahanan," ungkapnya.

Tersangka dijerat Pasal 122 butir a tentang penyalahgunaan izin tinggal dan atas perbuatannya diancam 5 tahun dan denda Rp 500 juta. 
(iwd/iwd)
1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)