Ditjen Imigrasi Siap Latih 2.278 CPNS Imigrasi di Seluruh Indonesia

Jakarta (11/01) – Pada tahun 2018 ini Direktorat Jenderal Imigrasi mendapatkan alokasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 2.278 orang.  Jumlah tersebut merupakan gabungan antara 2 (dua) formasi yaitu Analis Keimigrasian sebanyak 2.248 orang dan Pemeriksa Keimigrasian 30 orang.

Sebelum memasuki dunia kerja, CPNS akan menjalani Latihan Dasar di masing-masing Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI di seluruh Indonesia. Untuk itu Ditjen Imigrasi telah mempersiapkan para trainer yang akan membimbing dan mempersiapkan bahan ajar.

Pada November 2017, para trainer telah dilatih dalam sebuah Training for Trainer oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM RI. Selanjutnya para trainer ini yang akan menggodok materi dan bahan ajar yang menjadi bahan pedoman Latsar bagi para trainer di Wilayah.

Kepala Bagian Kepegawaian Ditjen Imigrasi Ujo Sujoto dalam Rapat Persiapan Orientasi CPNS di Aula Ditjen Imigrasi pada Kamis (11/1) mengatakan bahwa CPNS akan diperkenalkan dengan materi dasar Keimigrasian.

“CPNS akan kita kenalkan tentang apa itu paspor, visa, lalu dia harus mengenal apa itu jabatan fungsional Analis Keimigrasian, apa saja tugas mereka. Kemampuan teknis mereka juga harus dimatangkan, sehingga mereka siap untuk memasuki dunia kerja,“ ujarnya.

Materi yang akan diajarkan kepada para CPNS yaitu Lalu lintas dan Peizinan Keimigrasian, Intelijen dan Wasdakim (Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian), Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian, Document Fraud, dan Izin Tinggal Keimigrasian.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

“Sebanyak 30 orang yang hadir di sini bertugas menyiapkan materi-materi Keimigrasian yang akan kita sebar ke seluruh daerah (Kanwil Kemenkumham-red). Materi ini akan menjadi bahan ajar bagi trainer yang ada di seluruh Wilayah,” jelasnya.

Selama 2 (dua) hari yaitu pada Kamis dan Jumat (11-12/01) para trainer akan berkumpul dan membahas materi bahan ajar bagi para trainer CPNS. Di forum tersebut juga menjadi ajang pemutakhiran data dan materi yang berhubungan dengan Kebijakan serta Peraturan Keimigrasian terbaru.

Para CPNS direncanakan akan mengikuti Orientasi CPNS yang terbagi dalam 2 tahap yaitu tahap I pada 23-26 Januari 2018 dan tahap II pada 29 Januari - selesai. Sedangkan Pelatihan Dasar (Latsar) akan diselenggarakan pada bulan April 2018.  (Humas) 

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)