Dirjen Imigrasi Resmikan UKK Musi Rawas

PERESMIAN UKK MUSI RAWAS

Musi Rawas (29/01) Peresmian kantor UKK Mura dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal  (Dirjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM RI, Ronny F. Sompie, Senin (29/01).  

Dalam sambutannya, Ronny menyatakan rasa bangganya atas diinisiasinya UKK imigrasi ini. "Semua tidak tercapai jika pemkab setempat tidak memberikan apresiasi," kata Ronny.

Ia menambahkan, jika dilihat dari sisi strategis, geografis dan demografis, UKK Musi Rawas mampu melayani 11 kabupaten/kota sekitar. Mulai dari Kabupaten Musi Rawas sendiri, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Muratara, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) hingga Kota Pagaralam.

Lalu, berdampingan dengan Provinsi Bengkulu bisa melayani Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang. Sedangkan di Provinsi Jambi bisa melayani masyarakat Surolangun dan Bangko.

Selain itu, adanya UKK di Musi Rawas tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat yang akan mengurus paspor. Namun juga memberikan pelayanan bagi Warga Negara Asing (WNA) baik wisatawan asing ataupun calon investor maupun Tenaga Kerja sehingga, bisa dikeluarkan visa dan izin tinggal terbatas. Bahkan, bisa izin tinggal tetap sesuai kebutuhan. Karena itu lanjut dia, sepanjang 2018 ini pihaknya akan melakukan pengkajian dan survei terhadap UKK Kabupaten Mura.

"Mudah-mudahan bisa ditingkatkan sebagai Kantor Imigrasi. Jika dibandingkan dengan Kabupaten Muara Enim dilihat sisi letak strategisnya, geografis dan demografi. Kabupaten Mura bisa lebih besar dibandingkan dengan Kabupaten Muara Enim. Survei bersama nantinya penting untuk peningkatan status UKK di Kabupaten Mura," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Mura H Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya sudah sejak lama bermimpi untuk memiliki kantor Imigrasi di Kabupaten Mura. Walaupun masih berupa UKK, tapi hampir setiap tahun masyarakat Kabupaten Mura membutuhkan pelayanan publik, seperti jemaah umroh dan lainnya. "Ini merupakan sebagian kecil hasil karya kita kepada masyarakat, yang membutuhkan pelayanan publik," tegasnya. 

 

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)