Wantimpres Apresiasi Rencana Pos Imigrasi Gili Trawangan

Wantimpres Apresiasi Rencana Pos Imigrasi Gili Trawangan

Mataram (22/02) – Lalu lintas wisatawan asing ke kawasan tiga gili di Lombok Utara perlu diawasi lebih cermat. Untuk pengawasan tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I Mataram akan mendirikan Pos Imigrasi di Gili Trawangan.

Rencana itu mendapat apresiasi anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadisiswoyo saat berkunjung ke Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Rabu, 21 Februari 2018 kemarin.

Subagyo berkesempatan berdiskusi dengan Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Sevial Akmily serta jajaran UPT Keimigrasian dan Pemasyarakatan se-Kota Mataram. Tema diskusi yakni Pengawasan Orang Asing dan Pencegahan Calon TKI Non Prosedural.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Mataram, Dudi Iskandar menjelaskan pembangunan Pos imigrasi di Gili Trawangan dengan menggandeng Pemda Lombok Utara. Pos imigrasi tersebut akan dilengkapi dengan kapal cepat untuk patroli.

“Pos Imigrasi di Gili Trawangan diperlukan karena konsentrasi orang asing banyak di Lombok Utara, dapat mencapai 2.000 orang. Nanti untuk pendirian posnya akan dibantu Pemda KLU,” kata Dudi dalam rilis yang diterima suarantb.com.

Upaya lain dalam penguatan pengawasan orang asing, diantaranya dengan menggelar operasi gabungan Timpora, operasi intelijen keimigrasian, dan penguatan aplikasi pelaporan orang asing di tempat-tempat penginapan dan hotel.

Sementara untuk pengawasan CTKI Non Prosedural, Dudi menerangkan pihaknya menguatkan proses wawancara pemohon paspor, penguatan petugas Imigrasi di Bandara, dan mempererat sinergitas dengan Polri dalam bentuk Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

“Untuk periode Januari 2017 sampai Februari 2018, kami sudah menolak 285 paspor yang dimohonkan diduga calon TKI Ilegal. Selain itu, 21 orang diduga calon TKI Ilegal ditunda keberangkatannya di Bandara,” tutup Dudi. (sumber: SUARA NTB)
1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)