Imigrasi Tolak Keberangkatan 48 TKI Non Prosedural di Pelabuhan Dumai

Sabtu, 31 Maret 2018 14:48

 
DUMAIKOTA - Ada puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Non Prosedural ternyata ada yang hendak ke Malaysia lewat Pelabuhan Dumai sejak Januari 2017. Pihak Imigrasi Dumai terpaksa menolak keberangkatan para TKI non prosedural ke luar negeri. Total 48 TKI non prosedural yang batal berangkat lewat Terminal Penumpang Pelindo Dumai.

"Para TKI non prosedural berasal dari sejumlah daerah di Sumatera dan Jawa," terang Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi atau Wasdakim Kantor Imigrasi Dumai, Rangga Putra Yudha kepada Tribundumai.com, Jum'at (30/3/2018).

Menurutnya, petugas Imigrasi terpaksa menghambat rencana para TKI non prosedural dari Kota Dumai. Mereka berupaya mengantisipasi resiko bagi TKI non prosedural ke luar negeri. Ia menyebut bahwa awalnya TKI tersebut hendak wisata ke luar negeri.

Para TKI non prosedural ternyata mendapat kesempatan kerja dan tergiur upah yang banyak. Mereka malah tidak memperpanjang izin tinggalnya. Para TKI non prosedural rentan terjerat hukum di negara tetangga seperti Malaysia

"Mereka banyak jadi korban dan melapor ke KBRI di Malaysia. Jadi kami pihak imigrasi berupaya menunda keberangkatan mereka," tuturnya. (*) tribunnews.com

 

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)