Kantor Imigrasi Jaksel Pakai Cara Online Atasi Calo

Senin 02 April 2018, 18:59 WIB

Jakarta - Calo menjadi masalah di instansi pelayanan publik, termasuk dalam mengurus paspor. Kantor Imigrasi Jakarta Selatan bakal mengandalkan sistem daring (online) untuk mengatasi calo dalam pengurusan paspor.


Ini disampaikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Hamzah, setelah dilantik di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Jl Buncit Raya, Senin (2/4/2018). Dia dilantik menggantikan Pelaksana Tugas Agus Wijaya, yang sudah bekerja empat bulan.

"Tentunya dengan pengembangan aplikasi kesisteman yang sudah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal (Imigrasi Kemenkum HAM), semua akan mendapatkan pelayanan yang sama (tanpa calo)," kata Hamzah.

Dia juga menjamin tak perlu waktu lama dalam memproses permohonan paspor. Pendaftaran antrean sudah bisa dilakukan via online

"Ke depannya, kami harapkan tidak ada keluhan lagi dari masyarakat yang sampai berhari-hari, berminggu-minggu," kata dia.

Sebagai pejabat yang baru dilantik, dia akan mencermati masalah yang ada di Kantor Imigrasi ini. Bila ada kekurangan, Hamzah akan segera memperbaikinya.

"Tapi secara umum (pelayanan keimigrasian) di Jakarta Selatan ini sudah cukup baik," ujar Hamzah.

Dalam acara serah-terima jabatan, Agus Wijaya menjelaskan, para karyawan di tempat itu sudah terbiasa bekerja sampai larut malam, bahkan hingga pagi, untuk mencetak paspor. Rekornya, 1.000 paspor selama satu hari.

Hamzah sebelumnya bertugas di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan selaku Kabag TU Kantor Imigrasi periode 2009-2011. Kini dia akan mengoptimalkan pelayanan di sini.

"Kita juga akan melayani calon jemaah haji. Oleh karena itu, beberapa bulan ke depan kita juga harus mempersiapkan pelayanan yang terbaik bagi calon jemaah haji," kata Hamzah, yang juga putra Betawi Jakarta Selatan. 
(dnu/jbr) sumber: detik.com

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)