Vietnam mengambil langkah untuk mewujudkan Visa Bersama ASEAN Untuk Wisata (2)

Pada prinsipnya negara-negara ASEAN sangat menghargai inisiatif Visa Bersama ASEAN Untuk Berwisata yang ditujukan untuk negara-negara di luar ASEAN. Akan tetapi peta jalan bagi implementasi inisiatif ini bergantung kepada kondisi masing-masing negara.Salah satu cara untuk mempercepat terwujudnya visa bersama ini adalah dengan membentuk kesepakatan visa bersama antar negara yang memiliki kesamaan atau dengan sukarela bergabung. Kamboja dan Thailand telah sepakat untuk  memberikan visa bagi warga negara dari  35 negara dan wilayah sejak 2013. Indonesia, Myanmar, Kamboja, dan Filipina juga setuju untuk melaksanakan program kemudahan visa bersama.

Kenyataannya, dalam proses mewujudkan sistem visa tunggal ASEAN diperlukan identifikasi dan harmonisasi berbagai perbedaan pandangan, kebijakan, tingkat pembangunan, juga biaya visa, prosedur administrasi, keamanan, dan pembagian keuntungan dari visa, termasuk di antaranya konsistensi dan koordinasi antar institusi dan semua pihak terkait di masing-masing negara dalam hal sistem informasi kepariwisataan.

Sektor pariwisata memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan perekonomian, memberikan andil lebih dari 12% dari GDP serta menyediakan jutaan lapangan pekerjaan baik secara langsung maupun tidak langsung di seluruh kawasan ASEAN. Jika visa bersama ASEAN diberlakukan, para pemegangnya dapat bepergian ke seluruh negara ASEAN dengan visa tersebut, begitu juga dengan visa elektronik dan fasiilitas bebas visa. Kebijakan visa seperti itu dinilai sebagai kunci utama dalam mendorong peningkatan industri pariwisata secara khusus dan pertumbuhan ekonomi secara umum bagi seluruh negara-negara anggota ASEAN, pasar terbesar ketiga di dunia dengan populasi 600 juta penduduk.

Sistem visa wisata tunggal untuk seluruh negara ASEAN (single ASEAN tourism visa) merupakan solusi terbaik dalam memfasilitasi proses permohonan visa berwisata, mendorong wisatawan untuk tinggal lebih lama dan membelanjakan uangnya lebih banyak lagi, sekaligus mendatangkan wisatawan secara reguler. Saat yang bersamaan juga memberikan kontribusi dalam konsolidasi kawasan, pembangunan yang merata, untuk keuntungan bersama dalam masyarakat ASEAN.

 

VNA      

Artikel yang diterjemahkan dalam laman www.english.vietnamnet.vn

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)