Imigrasi Harap UNHCR Segera Bawa Pencari Suaka Telantar ke Luar Negeri

Imigrasi Harap UNHCR Segera Bawa Pencari Suaka Telantar ke Luar Negeri

 

Para pencari suaka dari luar negeri telantar di trotoar kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Indonesia menyatakan Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) adalah pihak yang bertanggung jawab atas nasib para pencari suaka itu. Kini pemerintah RI berharap UNHCR segera bergerak.

"Kami berharap pihak UNHCR dapat segera memproses mereka segera menuju negara ketiga yang dapat menampung mereka sebagai warga negara atau segera memulangkan mereka ke negara asalnya bila dimungkinkan," kata Kepala Sub-Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkum HAM, Sam Fernando, kepada wartawan, Sabtu (6/7/2019).

Para pencari suaka itu sudah lama berada di kawasan Kalideres, Jakarta Barat, tepatnya di pinggir jalan luar Rumah Detensi Militer (Rudenim). Tiga hari, mereka semakin banyak berpindah ke trotoar kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, dekat kantor UNHCR Perwakilan Indonesia. Mereka berharap segera diberangkatkan oleh UNHCR ke luar negeri.

 

Imigrasi Harap UNHCR Segera Bawa Pencari Suaka Telantar ke Luar Negeri

 

"Pengungsi datang ke Indonesia pada dasarnya hanya transit. Biasanya mereka bertujuan ke Australia-lah atau New Zealand yang mereka tuju. Prosesnya kita serahkan melalui UNHCR untuk memverifikasi mereka," kata Sam.

Sam menyatakan pengurusan para pencari suaka di luar tanggung jawab Direktorat Jenderal Keimigrasian. Supaya mereka segera diberangkatkan oleh UNHCR, pihak Ditjen Keimigrasian terus berkomunikasi dengan UNHCR.

"Itu di luar ranah imigrasi karena hal itu adalah tanggung jawab yang dimiliki oleh UNHCR untuk mencarikan status penempatan mereka. Imigrasi sebatas mengawasi mereka sebagai orang asing yang berada di Indonesia. Apabila ada pelanggaran keimigrasian, imigrasi akan memprosesnya," kata Sam. 

 

Sumber

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)