Kantor Imigrasi Kelas I Manado Gelar Rapat dengan Tim PORA

Jumat, 19 Juli 2013 00:16 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Pengasihan Susanto Amisan
TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN – Guna membangun sinergitas dengan seluruh komponen terkait yang masuk dalam Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Kantor Imigrasi Kelas I Manado, Kamis (18/7/2013), melakukan rapat koordinasi bersama Tim PORA Mitra.
Rapat yang digelar di Restoran New Green Garden itu, diikuti oleh pimpinan dan perwakilan instansi seperti Dinas Perhubungan dan Kominfo, Disdukcapil, Nakertransos, Kesbangpolinmas, Kabag Hukum, para camat, Intel Polres Minsel dan Intel Kodim Manado, serta dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mitra, B A Tinungki, mewakili Bupati Telly Tjanggulung, yang berhalangan hadir karena tugas luar daerah.
Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Kanwil Kemenkumham, Reni Simanungkalit, mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut, dalam pengantarnya mengatakan, maksud dan tujuan tim pengawasan orang asing, pada prinsipnya untuk menjamin ketertiban masyarakat dan kepastian orang asing.
“Pada dasarnya orang asing bisa saja tinggal di dalam wilayah Indonesia. Namun dalam rangka menjamin ketertiban bersama, termasuk kegiatan orang asing selama di Indonesia, maka perlu ada pengawasan dari pemerintah, melalui lintas instansi, dalam hal ini Tim PORA,” ujarnya.
Dia berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, semua pihak dapat bersinergi dalam memberikan masukan informasi terkait kejelasan dan keberadaan orang asing di daerahnya. 
Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Manado, Montano F Renkung dalam materinya, secara rinci memaparkan ketentuan dan prosedur, yang wajib dilakukan oleh Tim PORA dalam melakukan pengawasan. “Tugas pengawasan ini pada dasarnya merupakan amanat UU, sehingga sebagai Tim PORA, kita wajib menjalankan tugas ini sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku,” tegas Rengkung.

Penulis: Susanto_Amisan

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)