Urus perpanjangan passport di imigrasi cuma butuh waktu 1 jam

bpras on August 24, 2013 — Leave a Comment

Well yang bener cuma satu jam ? ini sebenarnya diluar expektasi gw. Baca baca referensi sana sini, ada yang bilang datang pagi pagi buta, bahkan ada yang rembulan masih terang sudah nongkrong di luar pagar imigrasi. Demi mendapatkan durian runtuh yang sayang kalau nggak ditangkap, proses perpanjangan passport pagi pagi gw rela datang biar masih gelap gulita. Dan hasilnya sodara sodara tidak ada yang bisa dilakukan. Pagar masih tutup.. malah dikira maling iya..

Perpanjangan passport ini saya lakukan di Kanim Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Lokasinya ada di dekat Stasiun Kota (Beos). Lokasi tepatnya ada di jalan Pos Kota no. 4. Tepat di depan musium Fatahillah ada kantor pos besar, nah disampingnya itu jalan Pos Kota tempat Kantor Imigrasi.

Akhirnya muter2 jam 06.30 pagar dibuka dan motor saya parkir dengan manisnya, kemudian menuju bagian belakang untuk melihat situasi di lapangan ceila.. kaya mau perang.

Tapi bener baca baca dari referensi paling cepat itu adalah harus upload online terlebih dahulu untuk untuk memotong proses waktu validasi.

Tapi saya pikir ya sudah kalau sekarang masih ngantri lama gpp, yang penting saya sudah tau situasinya jadi kalau besok datang lagi lebih percaya diri.. hehe

Jam 1/2 8 saya coba memberanikan diri datang ke loket 1 day passport service yang masih tertulis TUTUP. Saya meminta formulir kosong terlebih dahulu agar nanti antri langsung bisa submit dokumen. Ternyata dibalas dengan senyuman yang tulus dan manis sekali dari seorang ibu pegawai. Nanti ya mas, jam 8 loketnya baru buka.

Ya sudahlah memang loket masih tutup, tetapi banyak para “prioritas” yang bisa mendapatkannya lewat dari dalam. Bahkan keliatan kok dari luar tempat duduk. Dan ibu tadi yang senyum tulus tadi juga memberikannya, membuat saya cuma bisa menghela napas panjang .. hehe  sok suci banget gw ya ..

Ya akhirnya keliling keliling aja disekitaran loket. Dalam tempo 1/2 jam sudah 3 orang yang nyamperin saya untuk nanya, pak bagaimana ya prosesnya, ada juga yang nanya ktp saya hilang dan ktp dengan KK beda. Aduh saya aja baru sekali ini ngurus sendiri, karena biasanya memang pakai biro jasa.

Jam 7.50 orang sudah antri, sayapun ikut antri untuk mendapatkan formulir isian. Ingat persyaratan yang harus dibawa adalah :
1. Foto copy KTP
2. Foto copy KK
3. Foto copy passport lama
4. Foto akte lahir/ ijasah / surat nikah

Masing masing di copy di kertas ukuran A4 dan jangan dipotong lagi untuk KTP.

Siapkan juga masing masing aslinya untuk divalidasi.

Prosesnya sebagai berikut :

  1. Loket baru buka minta formulir isian, jika sebelumnya sudah punya dan diisi lebih baik lagi.
  2. Baru antri untuk validasi di loket 1 day passport service.
  3. setelah di validasi, nanti akan dapat map warna hijau, kemudian kita ke mesin kios untuk ambil nomor urut dengan memasukkan nama depan, nama belakang dan tanggal lahir. Pada waktu di loket, ada orang yang habisnya belum 6 bulan kenanya passport elektronik seharga 600rb, kata petugasnya aturannya memang begitu, hmm..
  4. Antri sesuai nomor urut untuk menunggu panggilan bayar. Saya minta yang 24H tapi dijawab di kasir tidak ada yang 24H adanya yang 48H, tapi di websitenya imigrasi.go.id kok ada ya ?
  5. Setelah bayar tunggu lagi untuk panggilan wawancara dan foto.
  6. Dapat surat untuk pengambilan passport 1 hari setelah wawancara.

Semua proses tersebut jam 9 saya sudah selesai, padahal sudah siapin izin nggak masuk kerja sampai sore lho.
Tapi entah kenapa passport belum bisa diambil hari itu juga, baru bisa diambil keesokan harinya.

Tapi so far worth to try by your self, dari pada pakai calo, duit saya selamat hampir 700rb an, pakai calo paling cepet 4 hari mintanya 950rb.

Urus sendiri cuma :
255 rb (biaya passport dan biaya TI)
Kopi + indomie telor rebus 9rb

Total kerusakan hanya 264rb..

Jika saja ada yang 24H lebih bisa ngirit lagi.

Tips dan trik :

  1. Buat saya tidak berguna datang jam 6 apalagi jam 5 (pager masih tutup cuy). Datang aja jam 07.30
  2. Siapkan semua fotokopi dan aslinya, formulir isian jika juga ada lebih baik.
  3. Supaya tidak berantakan dan kececer dokumen asli dimasukkan dalam satu binder plastik jadi selain dokumen kita aman juga tidak kececer.
  4. Katanya datang pada waktu tanggal tua, kebetulan saya buat di tanggal 23 Agustus dan memang agak sepi.

Selamat membikin passport dan jalan jalan ..

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)