Kantor Imigrasi Terapkan Pengurusan Paspor Hanya Satu Hari

Jakarta, GATRAnews - Direktur Jendral Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM RI, Bambang Irawan mengatakan sebagai lanjutan dalam percepatan perbaikan pelayanan publik pihaknya telah menetapkan kebijakan untuk mengembangkan sistem perbaikan paspor RI. Demikian Ia sampaikan dalam talkshow Sosialisasi Kebijakan Keimigrasian di Jakarta, Rabu (23/1). "Bagi para pemohon paspor RI kami telah mengeluarkan kebijakan pengembangan sistem penerbitan paspor yang selesai dalam satu hari kerja," jelas Bambang.

 Bambang mengatakan, sistemnya saat ini sedang diuji coba di dua tempat yaitu Kantor Imigrasi Kelas I khusus Jakarta Barat dan Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat. "Untuk proses penyelesaiannya dibedakan antara permohonan baru dan penggantian. Bagi penggantian paspor lama dengan data yang sudah ada di databese Imigrasi maka akan selesai pada hari yang sama sedangkan untuk permohonan paspor baru penyelesaiannya adalah sehari setelah pengajuan permohonan," ungkapnya.

 Sesuai dengan kapasitas pendukung kantor Imigrasi, Bambang melanjutkan, maka pelayanan pengurusan paspor kelas I didua kantor tersebut dibatasi kuota dengan menerapkan sistem antrian digital bagi masyarakat untuk penanda kuota. "Untuk nomor antrian dibawa kuota dipastikan layanan paspor satu hari tetapi untuk angka antrian diatas kuota permohonan akan diproses pada hari berikutnya. Dengan sistem ini masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang cepat, akurat dan maksimal," katanya. 

Bambang mengakui kebijakan ini sedang dan terus dalam pemantauan yang evaluasinya akan dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Namun, Ia optimis, nantinya perbaikan pelayanan paspor akan diberlakukan disemua kantor keimigrasian. (WFz)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)