Perpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Jakpus Kini Sehari Selesai

Rabu, 20/02/2013 12:08 WIB

Nur Khafifah - detikNews

Jakarta - - Proses perpanjangan paspor saat ini jauh lebih mudah di kantor Imigrasi Jakarta Pusat. Bersama dengan kantor Imigrasi Jakarta Barat, sistemone day service sudah diterapkan.
"Perpanjangan paspor bisa langsung selesai hari ini juga jika mendaftar sebelum zuhur," ujar petugas pelayanan Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Syamsul A, di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Jl Merpati, Kemayoran, KAMIS (20/2/2013).
Menurut Syamsul, bila mendaftar setelah pukul 12.00 WIB, paspor akan selesai keesokan harinya. Namun proses wawancara, pengambilan foto dan sidik jari tetap dilakukan hari ini.
"Pokoknya maksimal proses perpanjangan 24 jam. Asal masih masuk di kuota antrian, masih bisa wawancara hari ini," ucapnya.
Ia menambahkan, kuota antrean di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat adalah 300 nomor. Untuk petugas bagian wawancara, pengambilan foto serta sidik jari berjumlah lebih dari 9 orang.
"Biaya administrasinya tetap sama, yaitu Rp 255.000," kata Syamsul.
Kemudahan pelayanan ini juga dirasakan oleh pengunjung. Mereka mengaku lebih terbantu dengan adanya sistem online tersebut.
"Lebih enak sekarang. Biasanya nunggu sampai 7 hari, sekarang sehari selesai," ujar Helen (41) saat menunggu antrean wawancara di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.
Helen yang tinggal di Rawamangun tersebut mengaku memperpanjang paspor di Jakarta Pusat karena Jakarta Timur belum menerapkan sistem online dengan one day service.
Meskipun demikian, beberapa warga masih tampak kebingungan dengan penggunaan sistem online. Khususnya saat pengambilan nomor antrean wawancara, usai pemeriksaan berkas.
"Saya tadi bingung ambil antrean wawancaranya gimana. Untung dibantu petugas. Ternyata gampang, cuma masukin nama aja," ujar Setyawati (35) warga asal Sunter ini.
Sementara itu, salah seorang pengunjung lain, Mirzario, berharap sistem online ini juga segera diberlakukan di wilayah lain sehingga masyarakat yang bukan wilayah Jakarta Pusat tidak kejauhan.
"Apa lagi kalau sistemnya sudah bisa untuk pembuatan paspor baru. Lebih enak lagi itu," tuturnya.
Selain Imigrasi Jakpus, di kantor Jakarta Barat juga sedang diterapkan sistem yang sama. Konsekuensinya, untuk sementara di dua kantor tersebut tidak menerima permohonan paspor baru. (mad/nrl)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)