Pangkas Proses Perizinan TKA, Ditjen Imigrasi Launching Aplikasi TKA Online Gunakan Konsep One Single Submission

 

(30/10) Jakarta, Terbitnya Peraturan Presiden No. 20 Tahun 2018 tentang penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diundangkan sejak 9 maret 2018 menghadirkan perubahan mendasar terkait mekanisme serta tatacara penggunaan TKA dari sudut pandang ketenagakerjaan dan keimigrasian. Dengan terbitnya Perpres ini maka Ditjen Imigrasi berbenah diri dalam rangka melakukan inovasi berkaitan dengan perpres dimaksud.

Konsep One Single Submission merupakan skema pelaksanaan teknis dalam hal perijinan penggunaan TKA yang berbasis online. Sistem ini memanfaatkan teknologi informasi dan mengintegrasikan sistem yang dimiliki oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Kemenkumham dalam melalui Ditjen Imigrasi. Dengan konsep tersebut akan mendorong pelayanan yang efektif dan efesien karena menghindari pertemuan fisik antara petugas dan pemohon serta memangkas waktu proses layanan.

Layanan ini akan didukung dengan aplikasi yang bisa diakses oleh pemohon (pemberi kerja) yang terintegrasi dengan semua fungsi teknis di Kemnaker, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Ditjen Imigrasi, Ditjen AHU dan BKPM. Konsepnya melalui mekanisme permohonan, penerbitan dan pembayaran perizinan pada Kemnaker dengan aplikasi yang terintegrasi dengan Ditjen AHU dalam hal penyajian data perusahaan pemberi kerja dan Kemenkeu dalam hal pembayaran PNBP melalui sisten informasi PNBP online (SIMPONI).

Melalui aplikasi tersebut, pemberi kerja melakukan pembayaran seluruh dokumen keimigrasian yang dibutuhkan calon TKA secara online termasuk Izin Tinggal Terbatas/ ITAS, mengambil dikantor perwakilan RI dan tiba di Indonesia (ditempat pemeriksaan Imigrasi) akan mendapat langsung ITAS setelah mendapat tanda masuk.

Dengan mekanisme ini nantinya pembayaran visa yang biasanya dipungut diluar negeri nantinya akan dipulngut di dalam negeri, tetapi ini hanya khusus tenaga kerja asing.

Acara launching aplikasi TKA Online dengan sistem One Single Submission bertempat di ruang Rapat Sistik Lantai 2. Acara tersebut dipimpin oleh Handwiyuto selaku Kasubdit Jasmatik dan dihadiri para sponsor TKA yang akan datang ke Indonesia.

 

 

 

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)