Hi, How Can We Help You?
  • Immigration Policy Information that applies during the Covid-19 pandemic here
October 5, 2021

Berikut Jenis Kegiatan Orang Asing serta Indeks Visa yang Bisa Diiajukan dalam Masa Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Penulis: Elyan Nadian Zahara
Editor: M. Fijar Sulistyo

JAKARTA – Melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 34 tahun 2021 yang ditetapkan 16 September lalu, Indonesia sudah membuka pintu bagi Warga Negara Asing yang akan datang ke Indonesia. WNA di luar Indonesia pun sudah bisa mengajukan permohonan visa. Namun demikian, tidak semua jenis visa bisa diajukan.

“Betul, belum semua jenis visa boleh diajukan, terutama visa kunjungan yang masih dibatasi karena Indonesia belum sepenuhnya bebas dari Pandemi.”, demikian ujar Kepala Subbagian Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh saat dikonfirmasi terkait jenis visa yang boleh diajukan saat ini.

Berikut adalah jenis kegiatan orang asing serta indeks visa yang boleh diajukan dalam masa penanganan penyebaran covid 2019 dan pemulihan ekonomi nasional, yang diatur lebih lanjut dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-02.GR.01.05 tahun 2021.

1. Jenis Kegiatan Visa Kunjungan Indeks Visa B211 A
Meskipun sudah diizinkan mengajukan visa kunjungan, namun jenis kegiatan visa kunjungan yang diizinkan masih dibatasi. Jenis kegiatan yang diizinkan untuk mengajukan visa kunjungan berindeks B211 A di antaranya adalah melakukan pekerjaan darurat dan mendesak; melakukan pembicaraan bisnis’ melakukan pembelian barang; menjadi tenaga bantuan, dukungan medis dan pangan; tugas pemerintahan; bergabung dengan alat angkut yang berada di wilayah Indonesia, kunjungan dalam rangka pengembangan industri marina (yahcters); tugas pemerintahan dalam rangka pertemuan terkait presidensi Indonesia dalam G20 atau Sidang Internasioal Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144.

2. Jenis Kegiatan Visa Kunjungan Indeks Visa B211 B
Pemerintah RI juga sudah mengizinkan calon tenaga kerja asing yang akan datang ke Indonesia dalam rangka uji coba kemampuan dalam bekerja untuk mengajukan visa kunjungan berindeks B211B.
Perlu diperhatikan bahwa semua jenis visa kunjungan yang diajukan harus menggunakan sponsor/penjamin perusahaan/badan/institusi dan diajukan melalui visa-online.imigrasi.go.id. Visa kunjungan sponsor perorangan belum dapat diajukan.Pengecualian dapat diberikan bagi WNA yang akan datang ke Indonesia untuk mendampingi keluarganya yang sakit keras/menghadiri pemakaman kerabatnya di Indonesia. Mereka dapat mengajukan Visa Kunjungan untuk tujuan kemanusiaan di KBRI terdekat.

3. Jenis Kegiatan Visa Tinggal Terbatas dalam rangka Bekerja, Indeks Visa C312
Orang Asing yang akan bekerja di Indonesia sudah dapat mengajukan visa tinggal terbatas berindeks C312 dengan terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Tenaga Kerja RI melalui laman tka-online.kemenaker.go.id yang terintegrasi dengan sistem penerbitan visa Direktorat Jenderal Imigrasi. Jenis kegiatan yang diizinkan untuk indeks visa C312 adalah bekerja sebagai tenaga ahli; bergabung untuk bekerja di atas kapal, alat apung atau instalasi yang beroperasi di wilayah perairan nusantara, lau territorial atau landas kontinen, serta Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia; melakukan pengawasan kualitas barang atau produksi; melakukan inspeksi atau audit pada cabang perusahaan di Indonesia; melayani purnajual; memasang dan mereparasi mesin; melakukan pekerjaan nonpermanen dalam rangka konstruksi; serta calon tenaga kerja asing yang akan bekerja dalam rangka uji coba keahlian.

Visa Tinggal Terbatas yang tidak diperuntukkan untuk bekerja, terdiri dari tiga indeks dengan ketentuan sebagai berikut:

4. Jenis Kegiatan Visa Tinggal Terbatas Indeks Visa C313
Indeks visa C313 diperuntukkan bagi penanam modal asing dengan masa berlaku satu tahun

5. Jenis Kegiatan Visa Tinggal Terbatas Indeks Visa C314
Indeks visa C314 diperuntukkan bagi penanam modal asing dengan masa berlaku dua tahun

6. Jenis Kegiatan Visa Tinggal Terbatas Indeks Visa C317
Khusus untuk indeks visa C317 adalah visa tinggal terbatas untuk penyatuan keluarga. Lima Subjek WNA yang bisa menggunakan visa jenis ini bisa dilihat pada tautan ini

Bagi WNA yang jenis kegiatannya tidak termasuk dalam daftar jenis kegiatan di atas, harap bersabar menunggu Pemerintah RI kembali memperluas cakupan visa yang diizinkan untuk masuk Kembali ke Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*