Hi, How Can We Help You?
  • Immigration Policy Information that applies during the Covid-19 pandemic here
September 5, 2022

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memperpanjang Izin Tinggal Terbatas (ITAS)? Ini Aturannya

Senin, 5 September 2022
Reporter: Ajeng Rahma Safitri
Editor: Muhammad Fijar Sulistyo

Bagi Orang Asing pemegang izin tinggal terbatas (ITAS), memastikan izin tinggalnya masih dalam masa berlaku adalah sebuah kewajiban. Agar tidak tergesa-gesa hingga overstay, Orang Asing dapat mengurus perpanjangan ITAS sejak 3 (tiga) bulan sebelum masa berlakunya berakhir.

“Paling cepat tiga bulan (sebelum ITAS berakhir) dan paling lambat pada hari kerja sebelum masa berlaku ITAS-nya berakhir. Ketentuan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) No. 29 Tahun 2021 Pasal 101,” ujar Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh saat memberi keterangan di Ditjen Imigrasi, Senin (05/09/2022).

Izin tinggal terbatas yang dapat diperpanjang dalam rentang waktu di atas antara lain ITAS dengan masa tinggal paling lama 1 tahun, 2 tahun dan 5 tahun. Sedangkan, ITAS dengan masa berlaku paling lama 90 hari dapat diperpanjang mulai 14 hari sebelum masa berlakunya ITAS-nya berakhir dan paling lambat pada hari kerja sebelum masa berlaku ITAS-nya berakhir.

Read also : Persyaratan Dokumen untuk Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas

Achmad melanjutkan, permohonan perpanjangan ITAS yang sudah terdaftar sebelum masa berlakunya berakhir tidak dikenakan overstay apabila ITAS yang baru selesai setelah melewati masa berlaku izin tinggalnya.

“Izin tinggal terbatas yang baru diberikan terhitung sejak tanggal ITAS sebelumnya berakhir,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*