Hi, How Can We Help You?
  • Immigration Policy Information that applies during the Covid-19 pandemic here
December 1, 2022

Terpilih Jadi Ketua PERANIM, Bambang Widodo akan Kejar Rancangan Permenkumham Tentang Tata Hubungan Kinerja Pejabat Struktural dengan Pejabat Fungsional

JAKARTA – Mengambil Tema “Peran Jabatan Fungsional Analis Keimigrasian Dalam Pemenuhan Tujuan, Visi dan Misi Organisasi di era Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA)”, Perkumpulan Analis Imigrasi Indonesia (PERANIM) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) II pada Selasa (29/11/2022) di hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat. PERANIM merupakan organisasi profesi jabatan fungsional analis keimigrasian di Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang dibentuk pada 31 Mei 2019 sebagai wadah untuk peningkatan pengetahuan dan kompetensi pegawai imigrasi guna mendukung visi misi Kemenkumham di bidang keimigrasian yang berkedudukan di Pusat dan Wilayah.

“Tantangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi era VUCA ini tentu tidak mudah, ASN harus mempunyai kompetensi yang mumpuni agar dapat merespon perubahan yang terjadi di era ini,“ ujar Kepala Biro Humas dan Kerja Sama, Kemenkumham, Hantor Situmorang saat menyampaikan sambutan mewakili Sekretaris Jenderal Kemenkumham dalam pembukaan acara. Lebih lanjut disampaikan bahwa ASN harus melakukan perubahan pola pikir sebagai respons yang tepat dalam menghadapi dunia yang berubah serba cepat.

Munas II PERANIM dihadiri oleh seluruh pengurus PERANIM Pusat dan Daerah, serta Kepala Divisi Keimigrasian sebagai observer. Ketua Umum PERANIM Pusat periode 2019-2022, Maryoto Sumadi, mengawali Munas dengan menyampaikan capaian yang sudah dilakukan oleh PERANIM berupa empat program prioritas di antaranya Program Penyusunan Peraturan; Program Dukungan Teknis Substantif; Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi; serta Program Kerjasama dan Penguatan Kelembagaan.

“Kami sudah menginisiasi pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi namun sayangnya belum dapat diwujudkan pada kepengurusan periode 2019-2022, “ ujar Maryoto
Munas II PERANIM dipimpin oleh formatur pimpinan sidang terpilih yang terdiri dari ketua, wakil ketua dan sekretaris sidang. Sekretaris Ditjen Imigrasi, Supartono, selaku Ketua Sidang terpilih menyampaikan agenda Musyawarah Nasional II PERANIM yang meliputi pemilihan pengurus PERANIM pusat periode 2023-2026, Dewan Penasehat serta pembahasan restrukturisasi tata laksana PERANIM.

Secara mufakat, Munas II PERANIM telah memilih Pengurus PERANIM Pusat periode 2023– 2026 dengan Bambang Widodo sebagai Ketua Umum, Yudi Kurniadi sebagai Wakil Ketua Umum, serta Tessar Bayu Setyaji dan Earias Wirawan selaku Sekretaris dan Wakil Sekretaris Umum. Sementara itu posisi Bendahara Umum dijabat oleh Purwasari dan posisi Wakil Bendahara Umum dijabat oleh Maman Haeruman.

Pada sambutan pertamanya, Ketua Umum PERANIM terpilih, Bambang Widodo menyampaikan terima kasih atas kepercayaan peserta Musyawarah Nasional II PERANIM kepada dirinya sebagai Ketua Umum dan mengawali pembahasan perdana kepengurusan PERANIM di bawahnya terkait beberapa pending matters dari kepengurusan PERANIM sebelumnya seperti rancangan Permenkumham tentang Tata Hubungan Kinerja antara Pejabat Struktural dengan Pejabat Fungsional, penyempurnaan AD/ART PERANIM, rebranding Logo, Motto PERANIM dan pembuatan Mars PERANIM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*