Hi, How Can We Help You?
  • Informasi Kebijakan Keimigrasian selama pandemi Covid-19 dapat dilihat di sini
November 19, 2021

100 Petugas Imigrasi Ikuti Seleksi Calon Atase Imigrasi di Perwakilan RI

Jumat, 19 November 2021
Penulis: Muhammad Fijar Sulistyo

Direktorat Jenderal Imigrasi menyelenggarakan Uji Kompetensi untuk menyeleksi calon Atase Imigrasi dan Pembantu Atase Imigrasi yang akan ditempatkan di Perwakilan RI. Tercatat 100 petugas imigrasi mengikuti seleksi yang bertempat di The Trans Resort Bali pada Rabu-Jumat (17-19/11/2021).

Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Zaeroji menyampaikan bahwa uji komptensi ini merupakan bagian dari tujuan pengembangan kompetensi pegawai sehingga dibutuhkan pemetaan kebutuhan pengembangan kompetensi ASN Kementerian Hukum dan HAM sesuai dengan kebutuhan organisasi, tuntutan perubahan lingkungan strategis organisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“ Uji Kompetensi diikuti oleh petugas yang menduduki jabatan pengawas, analis keimigrasian, dan jabatan administrator yang merupakan pejabat teknis keimigrasian di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Hukum dan HAM Sutrisno mengungkapkan bagi ASN yang telah mengikuti uji kompetensi ini, hasil dari masing-masing peserta dapat terekam pada Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Kemenkumham karena ada kaitannya dengan manajemen talenta.

“Melalui uji kompetensi, peserta diharapkan dapat mengikuti ujian dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal guna terwujudnya ASN yang Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif,” tambahnya.

Pada uji kompetensi ini para peserta harus menjalani beberapa tes yaitu wawancara dengan assessor dari Dinas Psikologi Mabes TNI AU, lalu mengerjakan soal tes psikologi dan pengetahuan umum melalui sistem Computer Assisted Test. Para peserta juga diwawancara secara khusus dengan para pimpinan tinggi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*