Hi, How Can We Help You?
  • Informasi Kebijakan Keimigrasian selama pandemi Covid-19 dapat dilihat di sini

Covid-19 – Perpanjangan Izin Tinggal

Informasi Peraturan Keimigrasian Selama Masa Pandemi Covid-19

    • Orang Asing di Indonesia pemegang Izin Tinggal Kunjungan yang berasal dari:
      1. Visa kunjungan saat kedatangan;
      2. Visa kunjungan satu kali perjalanan;
      3. Visa kunjungan beberapa kali perjalanan; dan
      4. Kartu Perjalanan Pebisnis APEC (KPP APEC)

    dapat melakukan perpanjangan izin Tinggal di kantor imigrasi di wilayah tempat tinggalnya.

    • Setiap kali perpanjangan akan diberikan Izin Tinggal selama 30 hari.
    • Izin Tinggal Kunjungan yang dapat dialihstatuskan menjadi Izin Tinggal Terbatas adalah Izin Tinggal yang berasal dari Visa Kunjungan Saat Kedatangan dan Visa Kunjungan Satu Kali Perjalanan
  • Perpanjangan ITAS/ITAP dan/atau Izin Masuk Kembali (IMK) bagi Orang Asing yang masih berada di luar negeri yang izin tinggalnya akan habis berlaku, dapat diajukan oleh penjamin/penanggungjawab secara langsung ke Kantor Imigrasi dengan memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    1. Penjamin melampirkan fotokopi paspor dan bukti tanda keluar Wilayah Indonesia
    2. Menyelesaikan permohonan tanpa melalui proses pengambilan biometrik dengan persetujuan Direktur Jenderal Imigrasi; dan
    3. Mewajibkan penjamin/penanggungjawab untuk melaporkan kedatangan Orang Asing tersebut ke Kantor Imigrasi paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal kedatangan guna melaksanakan peneraan ITAS/ITAP dan/atau IMK.
  • Izin Tinggal Terbatas yang telah diperpanjang dapat dialihstatuskan menjadi Izin Tinggal Tetap.
  • Orang Asing pemegang Izin Tinggal terbatas atau Izin Tinggal tetap yang tidak dapat diperpanjang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, dapat diberikan Izin Tinggal baru setelah memperoleh Persetujuan Visa.

Pengajuan Visa onshore dapat dilakukan melalui visa-online.imigrasi.go.id.