Hi, How Can We Help You?
  • Immigration Policy Information that applies during the Covid-19 pandemic here
November 25, 2021

Virtual Account Mudahkan Satker Imigrasi Bertransaksi Keuangan

Kamis, 25 November 2021
Reporter: Muhammad Fijar Sulistyo

Penggunaan rekening virtual (virtual account) sebagai sarana transaksi keuangan telah merambah segala lini kehidupan. Satuan kerja Imigrasi juga termasuk yang menerapkan metode ini untuk bertransaksi dengan pihak lain.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI Sulawesi Selatan Harun Sulianto mengungkapkan bahwa adanya penyempurnaan manajemen rekening pemerintah melalui restrukturisasi rekening, yang dalam implementasinya menggunakan Treasury Single Account (TSA), membuat pengelolaan rekening pengeluaran menjadi lebih mudah dikendalikan.

“Komitmen yang kuat dari seluruh pegawai sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan kemampuan organisasi melakukan transformasi digital dalam pengelolaan keuangan negara, ” ujarnya saat membuka acara Pelaksanaan dan Evaluasi Restrukturisasi Rekening Pengeluaran (virtual account) bagi Satuan Kerja Imigrasi yang berlangsung di Makassar, Rabu-Jumat (24-26/11/2021).

Harun menambahkan manfaat yang diperoleh dari penerapan rekening virtual (virtual account) antara lain mengurangi jumlah rekening pengeluaran pemerintah dan mengkonsolidasikan saldo rekening pengeluaran satuan kerja pada satu rekening induk di tingkat Eselon I Kementerian/ Lembaga.

“Tak hanya itu, instansi juga dapat memantau seluruh saldo dan transaksi satuan kerja di bawahnya secara realtime dan online,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Keuangan Ditjen Imigrasi Jayanta Surbakti mengatakan terdapat 49 satker imigrasi yang hadir untuk mengikuti acara peningkatan kompetensi bagi para petugas pengelola keuangan.

“Acara ini sekaligus menjadi media best practice dan sharing pengetahuan dalam penggunaan rekening virtual, ” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*